Nonton Film Online = Hemat Energi?

ICT



Mana yang Anda pilih? Nonton film di bioskop, atau nonton di rumah secara online? Di Indonesia, jika ingin hemat, tentu saja kita akan nonton film dari DVD, entah yang dibeli sendiri atau sewa, di rumah. Namun kalau ingin lebih heboh, kita akan memilih nonton langsung di bioskop.

Nonton secara online? Belum menjadi pilihan utama, mengingat kualitas koneksi Internet yang tidak merata, dan juga masih mahalnya biaya koneksi Internet bagi sebagian orang.

Tidak demikian di AS. Di sana , orang terbiasa nonton secara online. Berkenaan dengan kebiasaan nonton ini, ada penemuan menarik dari survai yang dilakukan oleh CinemaNow bulan lalu. Pertama, mayoritas peserta survai menganggap dari semua aktor Batman, Christian Bale-lah yang tampak paling pas mengenakan kostum Batman.

Temuan kedua – ini yang lebih penting - 94% penduduk Amerika menganggap mereka telah berkontribusi lebih kepada dunia dengan men-download film secara online dibandingkan jika menyewa atau membelinya di toko video. Dengan kata lain, dengan menggunakan layanan nonton film online seperti CinemaNow, mereka telah membantu membantu mengurangi dunia dari dampak pemanasan global.

Benarkah? Ya ,ada benarnya, karena Anda tidak menggunakan mobil (yang menggunakan bahan bakar fosil) untuk pergi ke bioskop atau ke toko. Memang, begitu pengakuan 64% peserta survei, keuntungan terbesar dari download film online adalah tidak perlu berkendara dulu ke bioskop atau ke toko video, atau menunggu antrian.

Sayangnya, penyedia film online seperti CinemaNow belum banyak. Selain itu, walaupun koleksi videonya banyak, banyak dari judul film yang tersedia belum pernah kita dengar. Pilihan film-film terbaru dan populer yang ada pun sangat terbatas.

Kelemahan lain dari film online adalah kualitas gambarnya – akibat kompresi yang biasanya amat tinggi - tidak sebaik yang disajikan DVD 480p.Alhasil baju Batman di film online mungkin terlihat hitam kabur, tanpa tekstur. Saat ini memang masih sedikit konten video yang berkualitas true DVD.

Namun tetap saja, demi kenyamanan, orang di AS memilih untuk menonton secara online. Sedangkan jika ingin mendapatkan kualitas gambar, mereka membeli keping DVD dan Blu-ray yang berisi film, atau pergi ke bioskop.

sumber : www.kompas.com

0 Responses to "Nonton Film Online = Hemat Energi?"

Posting Komentar