Pengertian Page Rank

ICT

Di beberapa blog atau website, kadang kita dapatkan ikon button yang bertuliskan PAGE RANK dengan angka-angka tertentu. Tapi, tahukah apa Page Rank itu?
Page Rank adalah rangking atau urutan kepopuleran sebuah website/blog berdasarkan jumlah dan kualitas aksesibiltasnya, maksudnya seberapa banyak website/blog itu dikunjungi oleh orang lain dari nomor IP (internet protokol) yang berbeda (hits) dan jumlah tampilan halaman (page view) dari website/blog kita. Dalam jagad maya (cyber space) Page Rank diukur dengan range 0 – 10, dengan ketentuan Page Rank 10 adalah yang tertinggi dan Page Rank 0 adalah yang terendah.
Selain jumlah kunjungan (hits dan page view), Page Rank juga diukur dari jumlah link website/blog kita di website/blog orang lain. Artinya, semakin banyak website yang me-link blog/website kita, maka kemungkinan besar Page Rank blog/website kita akan meningkat. Makanya, banyak pihak yang menyarankan untuk tidak terlalu pelit saling bertukar link dengan website lainnya. Malah, ada beberapa website yang berperan sebagai perantara iklan yang berbentuk text link, hanya untuk memperantarai pemilik website (advertiser) yang ingin di-link oleh website lain (publisher) misalnya Text Link Ads, Link Worth dan Buy Sell Text Links.
Semakin tinggi jumlah hits dan page view dan semakin banyak link website/blog kita, maka Page Rank akan semakin tinggi.


Biasanya blog/website yang baru dibuat dan didaftarkan hanya memiliki Page Rank antara 0-1 saja. Tapi tidak usah khawatir. Dengan mengupayakan peningkatan hits dan page view serta jumlah link website/blog kita, maka perlahan Page Rank akan meningkat pula.
Pertanyaannya adalah, bagaimana meningkatkan hits dan page view? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain :
1. Perbaiki keindahan tampilan website/blog, karena biasanya ada saja orang yang ketagihan melihat tampilan website/blog kita saja tanpa banyak melihat isi (content) website/blog kita
2. Perbaiki isi/content website/blog juga merupakan hal yang tak kalah penting. Banyak orang yang mengakses internet hanya untuk mencari artikel/tulisan dengan tema tertentu.
3. Rajin-rajin melakukan blogwalking, maksudnya mengunjungi blog/website orang lain dan mengisi pesan di shoutbox atau memberi komentar terhadap postingannya
4. Daftarkan website/blog Anda pada program Traffic-Exchange, Link-Exchange, Banner-Exchange, misalnya di Bravenet.com, BannerBoxer.com
5. Ikutkan website/blog Anda pada program-program periklanan yang menerima blog/website dengan karakter content yang Anda punya, misalnya di Adbrite.com, Google Adsense, Bidvertiser.com, Clicksor.com, Admedian.com, Etiology.com, dan Text-Link-Ads.com
6. Pasangkan layanan shoutbox/chatbox di website/blog Anda. Misalnya di Oggix.com, Cbox.com, Shoutmix.com atau penyedia layanan shoutbox/chatbox lainnya
7. Kalau bisa dilakukan, buatlah semacam kontes atau perlombaan dengan tema tertentu yang mengharuskan banyak website/blog mengunjungi website/blog kita untuk melakukan registrasi atau memperoleh informasi tambahan tentang perlombaan/kontes tersebut

Nah, agar content website/blog kita mudah diakses oleh orang lain, maka ada beberapa langkah penting yang bisa kita lakukan, antara lain :
1. Upayakan content website/blog kita memiliki tema tertentu atau yang relatif berhubungan, misalnya tentang kesehatan saja, atau tentang blog dan tips ngeblog
2. Lakukan postingan secara teratur dan berkala. Jika postingan kita dari website/blog lain, upayakan untuk tetap menuliskan alamat link website/blog yang content-nya kita copy, dan mencantumkan siapa penulis/pengarang artikel tersebut
3. Daftarkan website/blog pada sejumlah search engine seperti Google.com, Yahoo.com., MSN.com, Tecnorati.com dan search engine lainnya
4. Rajin-rajin meregistrasi website/blog pada sejumlah aggregator website/blog, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Misalnya Indonesia Top Blog, Indonesia Blog Directory, IndoTopBlog, Blogarama, BlogTopSite, BlogLinks, Link2Blog, MyBlogLog, dan lain-lain


0 Responses to "Pengertian Page Rank"

Posting Komentar